Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan dan Tidur Terus

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan dan Tidur Terus

Kucing merupakan salah satu hewan menggemaskan yang umum dijadikan peliharaan oleh sebagian besar masyarakat. Memelihara kucing memang terlihat mudah, namun nyatanya tidaklah sesederhana itu. Ada kalanya kucing peliharaan mengalami beberapa masalah yang memengaruhi kesehatannya, semisal kucing tidak mau makan.

Jika hal itu terjadi, maka kita harus mengetahui mengapa kucing tersebut mogok makan dan terlihat lesu, serta cara mengatasi kucing tidak mau makan dan tidur terus. Berikut ini beberapa panduan yang wajib kita perhatikan jika kejadian tersebut tejadi pada kucing kita.

Penyebab Hilangnya Nafsu Makan pada Kucing

Sebelum kita mengobati kucing yang lemas karena tidak mau makan, kita harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan kucing tidak mau makan yang kami lansir dari idREPO, yang merupakan portal referensi kucing Indonesia.


1. Bosan

Seperti manusia, kucing juga akan merasa bosan jika harus menyantap makanan yang sama setiap hari. Jika kucing merasa bosan dengan makanannya, ia akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur dan tidak akan mendekati makanannya.

2. Stres

Siapa bilang kucing tidak bisa stress, ternyata kucing juga dapat merasa stress lho, dan hal itu akan memengaruhi nafsu makannya. Adapun penyebab stress tersebut bisa karena lingkungan dan juga tekanan yang dihadapi oleh kucing tersebut.

3. Sakit

Ketika kamu sedang sakit, apakah nafsu kamu akan meningkat? kucing juga demikian. Tidak mau makan merupakan salah satu pertanda bahwa kucing tersebut sedang sakit. Oleh karena itu, ia akan kesulitan untuk makan dan bahkan memuntahkan kembali makanannya.

Cara Mengatasi Kucing tidak Mau Makan dan Tidur Terus

Setelah mencari tahu kira-kira apa yang menyebabkan kucing tidak mau makan, maka akan lebih mudah bagi kita untuk mengobati dan mengembalikan nafsu makan kucing tersebut. Ada beberapa cara mengatasi kucing tidak mau makan sebagaimana yang terangkum di bawah ini:

1. Memberikan Variasi Makanan

Agar kucing kembali berselera dan tidak lagi merasa bosan, penting bagi kita untuk memberikan menu makanan yang bervariasi. Untuk memancing nafsu makannya, kita dapat menyodorkan makanan yang belum pernah atau sudah lama tidak dikonsumsi oleh kucing tersebut.

Jika kucing tersebut terlanjur jatuh sakit hingga lemas, kita dapat menyuapi kucing kita dengan makanan kaleng yang baru atau makanan kering yang telah dihaluskan dengan air panas dengan cara yang lemah-lembut. Bau makanan yang lezat diharapkan dapat memancing nafsu makan mereka.

2. Berikan Tempat yang Nyaman

Jika penyebab menghilangnya nafsu makan kucing tersebut dikarenakan stress dengan lingkungan baru, kita perlu mempersiapkan tempat yang senyaman mungkin untuk kucing tersebut, terutama jika ia baru diadopsi. Selain itu, jauhkan kucing tersebut dari kucing-kucing lain, terutama yang telah dewasa, agar ia tidak merasa semakin tertekan dan terintimidasi.

3. Berikan Obat dan Vitamin

Jika berkurangnya nafsu makan kucing tersebut dikarenakan sakit atau kekurang vitamin, tentu yang perlu kita lakukan adalah memberikan obat dan vitamin yang tepat pada mereka. Misalnya saja jika bau mulut kucing tersebut tidak sedap, maka pastikan untuk memberi mereka obat untuk penyakit mulut.

Kita juga dapat menambahkan beberapa vitamin seperti B kompleks dan asam animo lisin yang dapat meningkatkan nafsu makan dan mencegah penyakit herpes dan flu kucing.

4. Bawa ke Dokter

Beberapa tips diatas masih belum menjadi solusi? Membawa kucing kita ke dokter adalah pilihan terbaik. Mencoba menangani sendiri kucing yang sedang sakit justru dapat memperparah penyakitnya. Dengan membawa kucing tersebut ke dokter, kucing tersebut akan diperiksa oleh ahli kesehatan dan diberikan penanganan yang tepat.

Baca Juga: Burung Lovebird Paling Langka didunia

Nah, itulah beberapa penyebab dan juga cara mengatasi kucing tidak mau makan dan tidur terus. Tentu kita tidak ingin melihat kucing kalian terbaring lemas sepanjang hari tanpa menyentuh makanannya, kan? Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memperhatikan baik-baik apa yang menjadi penyebabnya dan segera melakukan penanganan yang dapat kita berikan pada kucing tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan dan Tidur Terus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel