Apasih Bedanya Visi dan Misi?

Apasih Bedanya Visi dan Misi

Sebenarnya apa sih perbedaan visi dan misi? Kalimat visi dan misi sering digunakan saat hendak mendirikan sebuah organisasi atau instansi. Tapi, tidak jarang pula orang yang sebenarnya belum tahu apa itu bedanya visi dan misi. Meskipun keduanya menjadi satu kesatuan, tapi tetap memiliki arti yang berbeda.

Semua organisasi, instansi, sebuah kegiatan formal atau setiap pergerakan besar pasti mempunyai visi dan misi. Keduanya digagaskan dan dirancang untuk menjadi pedoman berjalannya sebuah organisasi. Hal-hal tersebut bahkan dituangkan ke dalam tulisan sehingga semua pihak baik internal maupun pihak eksternal bisa mengetahui arah dan tujuan dari organisasi tersebut.

Perbedaan Mendasar Antara Visi dan Misi

Karena sering diuacpkan bersamaan dan menjadi satu bentuk kesatuan, visi misi perusahaan kerap dianggap memiliki arti yang sama, padahal beda. Tapi di mana sih letak perbedaan antara visi dan misi? Yuk simak ulasan berikut ini!

Pengertian

Secara umum, visi diartikan sebagai tujuan, cita-cita atau sebuah pandangan dari organisasi atau individu. Jadi di dalam visi terdapat rangkaian kata yang di dalamnya menunjukkan impian di masa depan yang biasanya berasal dari pikiran para pendiri.

Selain itu, visi juga mengandung arah dari sebuah manajemen. Ke arah manakah manajemen tersebut akan dibawa untuk membangun sebuah kesuksesan? Semuanya harus tergambar dalam visi.

Jadi komponen yang perlu ada di dalam visi ialah cita-cita, tujuan dan pandangan sebuah organisasi atau instansi di masa depan serta tulisan singkat dan jelas mengenai arah untuk mencapai kesuksesan.

Misi memiliki arti strategi atau tindakan yang perlu dilakukan untuk bisa mewujudkan visi yang telah dibuat. Selain itu, misi juga memuat deskirpsi dan alasan berdirinya sebuah instansi, organisasi, atau perusahaan.



Baca Juga: Kesalahan Dalam Melakukan Branding

Kalau visi hanya dituliskan dalam satu kalimat, beda halnya dengan misi yang biasanya dijabarkan dalam beberapa point atau kalimat sehingga mudah dipahami oleh setiap orang yang membacanya.

Jadi komponen yang ada di misi ialah:
  • Penjabaran dari visi
  • Tindakan, tahapan, dan strategi yang perlu dilakukan oleh kelompok tersebut untuk mewujudkan atau merealisasikan visi

Cara Merumuskan

Berikut beberapa hal yang harus dilakukan dalam merumuskan sebuah visi:
  • Visi dibuat sebelum misi. Inilah salah satu hal bedanya visi dan misi
  • Umumnya merupakan buah pemikiran dari pendiri baru kemudian didiskusikan dengan anggota
  • Mencakup tujuan dan cita-cita dari masa depan
Sedangakan cara merumuskan misi sebuah kelompok ialah sebagai berikut:
  • Misi disusun setelah terbentuknya visi
  • Melibatkan semua pihak yang memiliki kepentingan
  • Menyeimbangkan kegiatan dengan semua sumber daya di instansi atau organisasi tersebut demi kelancaran jalannya kegiatan.
  • Menjaga lingkungan untuk memastikan apakah misi bertentangan dengan nilai-nilai yang sudah ada atau tidak.

Sifat Visi dan Misi

Visi memiliki sifat yang lebih permanen karena erat kaitannya denan konsistensi dan kredibilitas dari sebuah instansi, organisasi atau kelompok yang lain. Sedangkan misi biasanya dapat diubah sesuai dengan kondisi dan situasi tapi tetap harus mengacu pada visi yang telah dibentuk.

Selain itu, visi juga mengandung pernyataan yang bersifat umum. Hal tersebut berbeda dengan misi yang lebih mengarah pada pernyataan bersifat rinci dan khusus.


Baca Juga: Pemasaran Traditional Menuju Pemasaran Digital

Ketiga hal di atas adalah bedanya visi dan misi yang selama ini jarang orang tahu. Dibuat melalui proses yang panjang, perumusan visi dan misi bukanlah hal yang mudah. Keduanya dibuat melalui perenungan dan demokrasi demi tercapainya tujuan bersama. Karena itu, memahami perbedaan keduanya adalah hal yang harus dilakukan sebelum merumuskannya agar tidak kebingungan.

Bagaimana? Sudah terjawab bukan rasa penasaran kamu akan perbedaan visi dan misi?

Belum ada Komentar untuk "Apasih Bedanya Visi dan Misi?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel