Tahapan Studi Kelayakan Usaha (Bisnis) untuk Uji Pasar [TERLENGKAP]

Tahapan Studi Kelayakan Usaha (Bisnis) untuk Uji Pasar [TERLENGKAP]

Tahapan Studi Kelayakan Usaha (Bisnis) untuk Uji Pasar [TERLENGKAP]

Growth Hacking

Ada banyak orang yang ingin terjun dalam usaha namun terkendala oleh satu dan lain hal. Kendala-kendala tersebut datang dari berbagai aspek seperti rencana pemasaran, pengadaan bahan baku, kejelasan untung yang didapat, sampai dengan  studi kelayakan usaha.

Ternyata Anda tidak sendirian karena ada banyak orang yang memiliki pemikiran dan cara pandang seperti itu. Namun, Anda tidak perlu merasa khawatir karena ada sebuah cara untuk menguji kelayakan usaha dari berbagai aspek atau yang dikenal sebagai Studi Kelayakan Bisnis.

Apa Itu Studi Kelayakan Bisnis

Tahapan Studi Kelayakan Usaha

Pengertian studi kelayakan usaha atau bisnis adalah sebuah penelitihan yang berkaitan dengan sejumlah aspek diantaranya aspek hukum, sosial ekonomi dan budaya, pasar dan pemasaran, teknis dan teknologi hingga aspek manajemen keuangan.

Keseluruhan aspek tersebut digunakan untuk menentukan keputusan apakah usaha atau bisnis tersebut bisa diambil/ dikerjakan/ ditunda, atau tidak perlu dijalankan.

Studi kelayakan usaha atau bisnis merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengevaluasi usaha atau bisnis. Tujuanya untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan "apakah masih rasional baik dalam aspek ekonomi atau operasional?"

Perlu Anda tahu bahwa studi kelayakan bisnis bukanlah rencana bisnis atau yang dikenal dengan istilah Business Plan. Tidak hanya membuat kesimpulan mengenai usaha atau bisnis tersebut layak dijalankan, namun juga menganalisa resiko yang akan datang dan cara penanganannya supaya dapat diantisipasi dengan lebih baik.

Jika sebuah rencana usaha telah memiliki perencanaan dan apa saja yang dibutuhkan supaya gagasan bisnis tersebut dapat terwujud, maka studi kelayakan bisnis fokus ke penyelidikan.

Baca Juga: Gaya Seorang Pemimpin Organisasi

Hal yang akan diamati adalah terkait fungsi tertentu dan menentukan apakah layak atau tidak untuk dijalankan. Baik rencana bisnis maupun studi kelayakan bisnis adalah hal yang sangat penting. Namun, tahapan yang lebih dahulu dilakukan adalah studi kelayakan supaya mengetahui bisnis atau usaha yang akan dijalankan layak atau tidak.

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa ada banyak aspek yang perlu diteliti untuk menentukan kelayakan sebuah usaha atau bisnis. Pada kesempatan kali ini, aspek yang akan dibahas lebih dalam adalah aspek dalam melihat pasar dan pemasaran.

6 Tahapan Studi Kelayakan Usaha atau Binis

Setelah Anda melakukan pra analisa, membandingkan produk usaha milik Anda dengan produk usaha lainnya, tahap selanjutnya adalah mempelajari pasar lebih dalam. Ketika Anda merasa ide usaha tersebut berpotensi besar untuk memperoleh keuntungan, mempelajari kondisi pasar dimana produk Anda akan dipasarkan.

Anda harus mengatahui apakah kondisi pasar masih sama saat melakukan pra analisis atau telah berubah? Jika berubah, apakah usaha tersebut masih bisa dijalankan? Berikut beberapa contoh studi kelayakan bisnis yang perlu Anda lakukan untuk melihat pasar.
pengertian studi kelayakan bisnis


1. Belajar tentang Pasar

Setelah Anda memastikan bahwa ide usaha yang akan dijalankan memiliki potensi tinggi memperoleh penghasilan, langkah berikutnya adalah meneliti kondisi pasar terkini. Anda pelajari sebanyak mungkin kondisi pasar yang berkaitan dengan produk atau jasa yang akan Anda jual.

Anda amati bagaimana perubahannya, dan cara memasukkan produk atau jasa Anda ke dalamnya.
Misalkan saja dengan caar mendatangi toko-toko, Anda bertanya langsung ke pemilik tentang dari mana mereka mendapatkan produk tersebut serta keuntungan dari penjualan produk tersebut.

Hal-hal seperti ini kelihatnya bagian terkecil dan hanya dipermukaan saja, namun efeknya akan membuat Anda bisa mengetahui semuanya dengan lebih detil.

2. Melihat Data Sensus Ekonomi

Diera sekatang ini, data adalah awal dari sesuatu yang besar. Apapun itu, data akan menjadi menjadi salah satu penolong yang baik untuk mejalankan usaha.

Dan cara berikutnya untuk melihat pasar adalah dengan cara mengamati data sensus ekonomi yang diadakan pemerintah setiap 5 tahun sekali. Dengan data tersebut, Anda dapat menemukan informasi terkait data permintaan produk atau jasa Anda lebih terperinci.

Data tersebut dapat dilihat secara online dengan menyesuaikan produk atau jasa yang Anda cari. Anda amati dan teliti segala informasi yang berhubungan dengan wilayah dimana usaha Anda akan dijalankan, pasar, serta komunitas terkait produk atau jasa tersebut sebanyak-banyaknya.

3. Melakukan Survei Langsung

Melakukan survei secara langsung ke konsumen adalah cara yang dianggap tepat untuk melihat pasar. Anda pelajari keinginan dan kebutuhan konsumen dengan cara mewawancarai dan bertanya pertanyaan-pertanyaan yang spesifik.

Contohnya Anda pergi ke pasar dan menanyakan ke para konsumen mengenai kebiasaan belanja, minat, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga dapat meminta waktu mereka untuk mengisi survei dengan imbalan memberikan produk Anda secara cuma-cuma.

4. Lakukan dengan Cara Lain

Dahulu, cara yang sering digunakan untuk melihat sesuatu adalah dengan melakukan survey secara langsung, namun harus kita akui bahwa hal ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan juga waktu tentunya.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, survey tidak hanya bisa dilakukan mewawancari secara langsung, Anda juga dapat mengirimkan survei untuk di isi dengan pos atau melalui media sosial seperti memberikan link yang dialihkan ke survei Anda.

Sudah banyak pihak yang menggunakan hal ini, selain hasilnya bisa didapat lebih cepat, surver seperti ini juga mampu menghemat anggaran yang lebih besar. Namun tetap saja, secara kualitas survey secara langsung jauh lebih baik.

5. Kenali Kompetitor Anda

Hal ini juga sangat penting untuk melihat realita produk atau jasa Anda mampu bertahan dan bersaing di pasar. Anda amati pesaing-pesaing produk usaha Anda, berapa banyak pangsa pasar mereka, dan kemampuan bertahan mereka dalam kondisi pasar.

6. Mengenali Potensi Pasar

Aspek terakhir yang perlu Anda pelajari adalah mengenali kemampuan bagian pasar Anda. Setelah mempelajari cara pesaing Anda masuk dalam pasar, Anda juga harus menganalisa usaha Anda ini dapat masuk juga dalam pasar.

Mulailah untuk menjawab pertanyaan, apakah produk anda memungkin untuk merebut pasar mereka? lalu caranya bagaimana? ini akan sangat membantu anda dalam melihat realita yang sesungguhnya.


Pelajari bagaimana usaha Anda dapat masuk ke pasar, dan bagaimana pertumbuhan usaha Anda untuk waktu ke depan.

Demikian informasi mengenai uji kelayakan usaha dalam melakukan analisa dan penelitian pasar. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: