Tips & Cara  Membuat Video Company Profile Kreatif

Tips & Cara Membuat Video Company Profile Kreatif

Tips & Cara Membuat Video Company Profile Kreatif

Digital Marketing
Tips & Cara  Membuat Video Company Profile Kreatif

Cara membuat video company profile merupakan sebuah langkah untuk menarik perhatian pelanggan yang melihatnya. Dalam membuat video company profile Anda bisa membahas tujuan serta visi misi Anda kepada pelanggan. Video yang akan dibuat harus sesuai dengan karakter atau jenis bisnis yang Anda jalani.

Video company ini sendiri adalah sebuah media yang digunakan untuk komunikasi antara perusahaan atau bisnis. Penempatan video ini umumnya diletakkan pada sebuah website berupa link video, ataupun channel youtube. Jenis video company ini biasanya akan diputar saat peluncuran produk, dan acara lainnya.

Kenapa Harus Vidio?

Banyak media yang bisa digunakan sebagai company profile, lalu kenapa harus memilih vidio? Bukankah banyak tools digital marketing lainnya yang bisa dimanfaatkan?

Perlu anda ketahui bahwa trend peminat konten vidio sendiri terus mengalami peningkatan. Jika dibandingkan dengan dahulu, harga kouta internet menjadi lebih murah sehingga orang lebih suka melihat vidio dibandingkan dengan membaca.

Bagaiamanpun vidio akan menjadi saran yang cukup efisien untuk memperkenalkan perusahaan anda. Terlebih sekarang ini banyak platform berbagi vidio. Jadi selain dibagikan di website, kamu juga bisa membagikan vidio tersebut di sosial media seperti instagram maupun youtube.

Tips dan Cara Membuat Video Company Profile

Video harus disusun dengan baik dan memperhatikan inti serta tujuan pembuatan video, sehingga pesan dapat tersampaikan. Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat digunakan untuk membuat video company profile.

1. Pikirkan Konsep dan Isi Video

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memikirkan konsep dari vidio yang akan anda buat. Biasanya ini disebut sebagai storyline.

Apa itu storyline?

Yaitu ide pokok dari sebuah gagasan yang disampaikan melalui sebuah cerita agar lebih menarik dan bisa mudah ditangkat bagi mereka yang melihatnya.

Tentukan tujuan dari adanya pembuatan video ini, tujuan akan membuat kamu lebih mudah dalam menata alur storyline.

2. Tentukan Durasi Video

Video company sebaiknya tidak memiliki durasi waktu yang lama, walaupun pada cara membuat video company profile ini tidak memiliki batas durasi, kamu harus memikirkan seberapa panjang vidio yang akan dibuat.

Jika durasi video akan dibuat terlalu panjang, sebaiknya pikirkan kembali hal lain pada video tersebut agar tidak membosankan. Umumnya video compro hanya berdurasi sekitar 2-3 menit saja. 

Waktu durasi ini cukup sedang jika hanya untuk memberikan informasi mengenai isi secara singkat dan jelas saja.

3. Shotting

Memang ada beberapa company profile yang menggunakan animasi. Namun jika konten yang ingin kamu buat berupa vidio, maka shotting adalah bagian yang tidak bisa dihindarkan.

Ada beberapa tips yang dapat kamu perhatikan pada saat shotting, yaitu jangan terburu-buru dan terlalu mengejar waktu. Lebih baik mengulang setiap scane yang ada dari pada hasilnya kurang memuaskan.

Hal lain yang juga patut menjadi perhatian adalah bagaimana kita mengambil gambar dengan garis besar yang sudah ditentukan. Baik scane, anggle, dan hal lainnya harus sesuai dengan konsep awal yang kita rencanakan.

4. Editing

Setelah bahan sudah ada, kita tinggal merampungkan projek ini menjadi satu bagian vidio utuh dengan konsep yang sudah ditentukan. Jangan sungkat untuk menggunakan editor ptofesional, karena ini adalah bagian yang sangat penting.

Aplikasi yang digunakan untuk editing juga harus memiliki kualitas yang baik seperti Edius, Final Cut Pro, Corel Video Studio, Adobe Premiere.

5. Video Harus Seimbang dan Menarik

Video company biasanya memiliki tampilan video visual yang baik dan mampu menyampaikan pesan dengan baik. Selain itu audio visual yang dihasilkan video harus tepat, baik untuk suara VO ataupun suara musik latar.

Audio harus memberikan dan menambah kuatkan visualisasi yang ditampilkan dalam video tersebut. Video company profile seperti ini akan memberikan kesan kreatif dan tidak membosankan.

6. Finishing

Setelah vidio company profile jadi, jangan mudah untuk merasa puas. Putar kembali, ulang sampai beberapa kali untuk mengetahui bagian yang kurang sesuai. Pastikan orang yang melakukan pengecekan dan editing berbeda, karena biasanya kekurangan sebuah project tidak bisa dilihat dengan jelas oleh si pembuatnya.

Namun akan berbeda ceritanya jika yang melakukan koreksi adalah orang lain, biasanya mereka akan lebih mudah untuk mengetahui bagian yang kurang tepat dari sebuah project.

Nah berikut 6 tips dan cara dalam membuat vidio company profile. Jika anda sudah memiliki website dan ingin mencoba hal lainnya, tidak ada salahnya untuk membuat vidio seperti ini guna mempromosikan usaha anda. Semoga artikel Divedirektori ini bermanfaat :)

Tidak ada komentar: