7 Tips dan Cara Strategi Pemasaran untuk UKM

7 Tips dan Cara Strategi Pemasaran untuk UKM

7 Tips dan Cara Strategi Pemasaran untuk UKM

Growth Hacking
UKM merupakan salah satu bentuk usaha yang membantu sektor unit kecil dan menengah. Hal ini cukup menjanjikan dan membantu dalam berwirausaha serta dapat mengurangi tingkat pengangguran. Adanya UKM pun dapat membantu membuka lapangan kerja.

Dalam menjalankan UKM ini, para pelaku usaha wajib menentukan strategi untuk meningkatkan pemasaran produknya. Anda tentu sangat ingin agar bisnis segera meningkat dan lancar, bukan? Nah, strategi inilah yang akan membantu agar tetap konsisten tidak keluar jalur tujuan usaha Anda

Tips dan Cara Strategi Pemasaran yang tepat untuk UKM

marketing plan sederhana by divedirektori.biz.id

Untuk memasarkan produk, para pelaku UKM juga harus mengetahui bagaimana cara yang tepat dan jitu agar laku di pasaran. Maka dari itu, diperlukanlah strategi yang tepat sasaran agar usaha Anda dapat meningkat secara perlahan dan menjaga agar terhindar dari dampak kerugian yang cukup besar.


Dalam menjalankan UKM, ada beberapa hal terkait jenis-jenis strategi pemasaran yang efektif untuk dijalankan para pengusaha UKM. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Tentukan Target Pasar

Sebelum memasarkan produk, Anda harus menentukan target pasar. Target pasar ini tentunya disesuaikan dengan jenis produk yang akan dipasarkan. Dari target pasar ini, nantinya akan dapat lebih membantu Anda dalam konsep, cara dan strategi untuk melakukan promosi.

2. Temukan Keunggulan Produk

Agar pemasaran terasa lebih mudah dan tidak berat, maka buatlah suatu keunikan dari produk usaha Anda. Sebagai contoh ketika membuat usaha makanan seperti cemilan dengan kemasan yang mampu menarik perhatian pembeli. Atau bisa juga dengan bahan yang alami tanpa mengandung pengawet dan pemanis buatan.

Memiliki produk yang lebih unggul dan inovatif dari pesaing lainnya di bidang sejenis akan mampu meningkatkan rasa penasaran pembeli.

3. Lakukan Promosi

Melakukan promosi adalah hal penting untuk menarik para pembeli atau pelanggan. Anda perlu menyusun strategi promosi guna menggencarkan pemasaran Anda. 

Tak ada salahnya jika Anda memberlakukan promo atau diskon pada hari-hari tertentu. Apalagi rata-rata pembeli sekarang sangat menikmati promo atau diskon yang cukup menguntungkan mereka.

Mungkin sekilas hal ini terdengar dapat merugikan Anda. Namun jika strategi ini mampu membuat pembeli tertarik dan senang berbelanja produk Anda, tak ada salahnya untuk menerapkannya. Karena bukan hanya bisnis Anda yang melakukan hal tersebut, tetapi juga para pengusaha pesaing lainnya.

4. Perluas Jaringan

Untuk memasarkan bisnis UKM, Anda harus mampu untuk memperluas jaringan. Akan sangat beruntung bagi Anda yang memiliki pertemanan yang cukup luas sehingga lebih memudahkan untuk memasarkan produk.

Hubungan pertemanan biasanya akan lebih cepat menyebar karena menggunakan tekni pemasaran dari mulut ke mulut yang lebih terpercaya. Teknik ini dinilai aktif dan ampuh, bahkan di era globalisasi kini.

5. Manfaatkan Iklan, Media Sosial dan E-Commerce

Di jaman yang penuh dengan penggunaan teknologi, persaingan usaha pun ikut naik. Anda tidak bisa terpaku pada strategi tradisional seperti mulut ke mulut saja, namun juga harus melek teknologi.
Akibat dari meluasnya perkembangan teknologi, banyak bermunculan media komunikasi secara online.

Media sosial dan e-commerce sangat penting untuk dipelajari dan dimanfaatkan untuk menambah perluasan jaringan Anda.

Begitupun dengan iklan. Iklan sekarang ini tak hanya lewat media cetak saja, tetapi juga lewat online. Dari media sosial tersebut, dapat pula dihubungkan dengan iklan online tersebut. Dengan begitu, Anda dapat menjangkau pelanggan di luar dari lingkup jaringan terdekat.

6. Bangun dan Jalin Komunikasi

Membangun dan menjalin komunikasi dengan pelanggan Anda juga perlu. Hal ini guna untuk merangkul pelanggan agar tetap merasa diperhatikan dan dilayani. Pelanggan akan sangat senang jika dilayani secara maksimal. Hal ini akan membuat mereka jadi ingin terus berlangganan membeli produk Anda.

Ingatlah bahwa pembeli adalah raja. Apapun yang mereka inginkan, layanilah semaksimal mungkin selama dalam batas ambang kewajaran. Pelayanan yang baik dan memuaskan akan menciptakan sebuah branding yang mumpuni dan berkualitas. Dengan demikian, pelanggan secara tidak langsung tak segan mempromosikannya ke kerabat dan rekan-rekannya.

7. Tetap Konsisten dan berinovasi

Konsistensi adalah hal yang sangat penting dilakukan agar usaha yang Anda jalankan mampu bertahan dan bersaing di pasaran. Banyak pengusaha UKM yang tak mampu bertahan dalam persaingan bisnis karena tidak sanggup untuk tetap konsisten.

Dalam menjalankan usaha, konsisten mencakup pada tetap di tujuan dan koridor yang sama seperti awal membangun usaha. Pelaku UKM harus mampu konsisten dalam memberikan pelayanan, promosi, diskon, dan lain sebagainya seperti sejak awal merintis demi memperioritaskan kepuasan para pelanggan.


Selain konsisten, Anda juga harus membuat inovasi pada produk usaha UKM tersebut. Jika sudah mulai berjalan lancar dan mengalami peningkatan yang signifikan, maka tak ada salahnya mengembangkan produk Anda sesuai dengan visi dan misi perusahaan Anda.

Menjalankan usaha dengan menerapkan strategi pemasaran akan membuat bisnis yang dijalankan semakin maju secara teratur. Sedikit banyak, strategi tersebut akan dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan usaha Anda. Tak akan menutup kemungkinan bahwa keuntungan akan terkumpul jika dilakukan dengan baik.

Tidak ada komentar: