7 Cara Pengembangan Produk Baru yang Efektif

7 Cara Pengembangan Produk Baru yang Efektif

7 Cara Pengembangan Produk Baru yang Efektif

Growth Hacking
7 Cara Pengembangan Produk Baru yang Efektif

Mengembangkan produk baru memang tidak mudah, jika anda ingin melakukannya, maka dibutuhkan  ide kreatif dan inovatif agar produk cepat diterima pasaran. Nah, bagi Anda yang sedang membangun perusahaan dan sedang mengembangkan produk baru, sebelum bergerak lebih jauh, sebaiknya Anda memikirkan beberapa langkah strategis untuk mengembangkan produk tersebut.

Cara Pengembangan Produk Baru yang Efektif

Berikut ini adalah beberapa cara yang wajib dilakukan untuk menciptakan serta mengembangkan sebuah produk yang berkualitas:

1. Fokus pada Satu Jenis Kebutuhan

Sebaiknya, Anda fokus pada salah satu jenis kebutuhan yang akan dikembangkan menjadi bisnis. Apakah sebuah produk makanan, fashion, aksesoris, minuman, atau kebutuhan lainnya? Memutuskan satu kebutuhan bertujuan agar Anda lebih mudah untuk melakukan riset mengenai bisnis tersebut.

2. Lakukan Riset

Perlu Anda ketahui bahwa salah satu hal yang sering menyebabkan banyak bisnis yang gulung tikar adalah karena mereka menciptakan produk-produk baru yang ternyata tidak dibutuhkan oleh banyak orang.

Baca Juga: Cara Mengelola Keuangan Bisnis

Artinya, jangan sampai Anda salah menentukan ide dalam membuat produk baru. Pastikan bahwa produk yang Anda buat adalah produk yang dibutuhkan oleh konsumen. Jika tidak, maka kemungkinan produk Anda akan gagal di pasaran.

3. Buatlah Desain Awal Produk Baru

Setelah melakukan riset dan mendapatkan ide tentang produk baru yang akan Anda buat, kini saatnya untuk mulai merancang produk tersebut. Segera buat rencana atau desain awal mengenai inti dari bisnis produk baru yang akan Anda ciptakan.

Pada tahap ini, sebaiknya Anda fokuskan untuk menciptakan sebuah produk yang mampu menjawab kebutuhan para konsumen.

4. Buat Prototype Produk

Tahap selanjutnya dalam pengembangan produk baru adalah membuat prototype produk baru tersebut. Prototype adalah sebuah tahap awal dari penciptaan sebuah produk baru, dapat berupa contoh dari model bisnis yang akan Anda buat.

Anda juga dapat melakukan asesmen tentang produk tersebut untuk mengetahui bagaimana tingkat efektivitasnya. Apakah produk baru tersebut dapat memenuhi kebutuhan konsumen? Bagaimana dengan biaya produksi yang dibutuhkan dan berapa kemungkinan profit yang bisa didapatkan?

Hal ini akan terjawab dengan membuat prototype produk baru tersebut. Tahap ini sangat penting dilakukan untuk melihat apa saja kelebihan dan kekurangan dari produk baru yang akan Anda kembangkan.

5. Luncurkan Prototype ke Pasar

Langkah selanjutnya adalah meluncurkan prototype produk ke pasaran guna mengetahui bagaimana penilaian masyarakat mengenai produk tersebut. Perlu digaris bawahi bahwa melakukan asesmen saja memang tidak cukup. Jadi, meluncurkan prototype ke pasaran merupakan hal yang tepat.

Dengan melakukan langkah ini, maka Anda dapat mengetahui bagaimana reaksi para konsumen mengenai produk baru tersebut. Sebaiknya, Anda meluncurkan prototype dalam skala kecil saja, lalu lihatlah bagaimana feedback dari masyarakat.

6. Sempurnakan Produk

Setelah meluncurkan prototype ke pasaran dan mendapatkan respons dari konsumen, maka kini saatnya Anda melakukan penyempurnaan produk. Penilaian yang diberikan oleh konsumen tentu berbeda satu sama lain.

Jika ada konsumen yang memberi penilaian negatif atau kurang sesuai dengan harapan Anda, maka hal ini dapat menjadi acuan untuk memperbaiki kualitas produk tersebut. Namun, jika para konsumen sepakat untuk menggunakan dan menyukai produk Anda, berarti Anda sudah berhasil dan siap melanjutkan untuk skala produksi yang lebih besar.

7. Patenkan Produk Anda

Produk  yang telah Anda sempurnakan tentu menjadi produk baru yang sangat bernilai. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mematenkan produk itu. Mengapa hal ini sangat penting? Ya, tentu saja agar Anda mendapatkan hak cipta resmi atas produk baru yang berhasil Anda ciptakan dan kembangkan.

Jika hal ini tidak dilakukan, maka sangat rentan untuk dicuri oleh orang lain. Seperti yang kita tau bahwa proses mematenkan produk membutuhkan waktu yang cukup lama, jadi segera daftarkan produk Anda untuk segera dipatenkan.

Pengembangan produk baru memang membutuhkan langkah yang tepat dan cerdas. Jangan sampai Anda salah langkah yang menyebabkan produk tersebut sulit berkembang dan diterima di pasaran. Setelah produk baru tercipta, Anda bisa melakukan presentasi di depan investor agar bisa mendapatkan pendanaan untuk pengembangan produk tersebut.


Tentunya, Anda harus menggunakan cara yang inovatif agar bisa menarik hari para investor. Nah, yang paling penting adalah jangan pernah puas dengan produk yang berhasil Anda ciptakan saat ini. Perlu diingat bahwa persaingan di dunia bisnis sangat ketat. Jadi, teruslah belajar dan kembangkan kemampuan bisnis Anda agar bisa bersaing dengan kompetitor dan meraih kesuksesan.

Tidak ada komentar: